Pages

Subscribe:

Senin, 03 September 2012

Situs Pahlawan KH Ghalib Akan Dijadikan Kawasan Wisata Religi

PRINGSEWUPemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu berencana menjadikan situs peninggalan pahlawan KH Ghalib sebagai kawasan wisata religi Provinsi Lampung. Rencana tersebut disampaikan Bupati Pringsewu H Sujadi saat mengunjungi situs bersejarah peninggalan KH Ghalib di kawasan Pesantren Pringsewu, Jumat (31/8) lalu.

Menurut bupati Sujadi, sebagai ulama besar dan tokoh pejuang kemerdekaan, KH Ghalib mempunyai jasa-jasa yang tak ternilai harganya bagi sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Sehingga tidak berlebihan bila situs peninggalan tokoh penyebar Islam di wilayah Pringsewu ini dilestarikan dan dirawat sebaik-baiknya. Terlebih, makam KH Ghalib maupun Masjid Jami’ KH Ghalib banyak dikunjungi oleh para peziarah, terutama dari luar wilayah Lampung, seperti dari pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera sendiri, bahkan dari luar negeri.

Dikatakan oleh Sujadi, pihaknya juga berencana menjadikan situs KH Ghalib sebagai pusat wisata religi ziarah, seperti halnya ziarah wali songo di Pulau Jawa. Kesemuanya dapat terwujud bila sejumlah kelengkapan fasilitas juga tersedia. Sementara itu, salah satu ahli waris keluarga KH Ghalib, Farida berharap kepedulian Pemkab Pringsewu untuk turut melestarikan dan menjaga situs peninggalan salah satu pahlawan pejuang kemerdekaan tersebut. Pihaknya siap membantu dan memfasilitasi bilamana nanti pemerintah memerlukan data maupun aset peninggalan KH Ghalib untuk keperluan penunjang rencana pengembangan kawasan situs wisata rohani tersebut.

Wartini, salah satu peziarah yang datang dari Sungsang, Kabupaten Banyuasin, Palembang mengaku dirinya bersama keluarganya hampir setiap 3 tahun sekali selalu berziarah mengunjungi makam KH Ghalib, untuk berdoa dan mencari berkah, sementara rekannya sesama peziarah bahkan setiap setahun sekali dipastikan selalu berziarah ke makam KH Ghalib. Terkait fasilitas penunjang, ia mengharapkan agar di area tersebut juga dapat dilengkapi sarana penunjang lainnya, misalnya pusat oleh-oleh atau souvenir. Selama ini ia dan peziarah lain, mencari oleh-oleh dengan berbelanja di Pasar Pringsewu atau ke Mal Pringsewu.

Untuk diketahui, KH Ghalib merupakan tokoh ulama besar sekaligus tokoh pejuang kemerdekaan. Beliau juga merupakan komandan pasukan Tentara Hizbullah yang terkenal gagah berani berjuang melawan pendudukan Belanda dan Jepang, bukan hanya di wilayah Pringsewu atau Lampung namun hingga wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya. KH Ghalib sendiri gugur ditangan pasukan Belanda pada tahun 1949, dan dimakamkan tak jauh dari pesantren miliknya di Pringsewu Barat. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)

1 komentar:

alimisbah mengatakan...

Wah ty infonya, Maaf Numpang share http://tugascumi.blogspot.com/2013/02/wali-songo.html Ty..

Posting Komentar