Pages

Subscribe:

Senin, 03 September 2012

Pemkab Pringsewu Gelar Rakor

PRINGSEWU - Rapat koordinasi (rakor) jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu digelar di aula kantor lantai 2, Gedung Olahraga (GOR) Kuncup, Pringsewu, Senin (3/9). Rakor yang dipimpin Wakil Bupati Pringsewu Han
ditya Narapati SZP didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.Idrus Effendi dan para asisten tersebut, diikuti staf ahli bupati, para kepala SKPD, serta 9 camat se Kabupaten Pringsewu.

Dalam rakor tersebut, sejumlah persoalan mengemuka, diantaranya masalah normalisasi saluran irigasi skunder PU di Desa Tulungagung Kecamatan Gadingrejo yang disampaikan Dinas Perkebunan, Kehutanan dan TPH, dimana sedimentasi lumpur saluran irigasi skunder sudah sangat tebal sehingga perkumpulan petani pemakai air setempat berswadaya melakukan normalisasi di saluran irigasi tersebut. Juga masalah kekeringan, termasuk 50 hektar sawah di daerah ini yang terserang Tungro.

Sementara itu, tingginya kasus DBD juga menjadi persoalan tersendiri yang perlu disikapi. Dinas Kesehatan setempat berharap adanya koordiansi dengan kecamatan dan desa/kelurahan untuk meningkatkan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M plus. Bahkan, Diskes juga telah mengadakan pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Pringsewu dan Ambarawa.

Terkait penerimaan PAD Pringsewu dari sektor pajak dan retribusi, dimana hingga 29 Agustus 2012, dari target sebesar Rp 21.916.000.000 baru terealisasi Rp 15.657.170.373 atau 71,44 %. Oleh karenanya, Dispenda setempat mengharapkan agar SKPD yang penerimaannya di bawah 50 %, agar lebih efektif meningkatkan pendapatan dengan melakukan pemetaan dan pendataan terhadap objek atau potensi pendapatan baru.

Sementara itu, Wakil Bupati Pringsewu Handitya Narapati SZP juga meminta setiap SKPD agar meningkatkan kinerja, termasuk masalah kedisiplinan para pegawai. Bahkan, secara khusus masalah kemacetan lalu lintas, terutama di Tugu Pemuda yang merupakan persimpangan Jalan Veteran dengan Jalan KH Ghalib Raya Pringsewu juga mendapat sorotan wakil bupati. Ia meminta Dinas Perhubungan setempat untuk mengatasi persoalan tersebut, termasuk rencana peresmian Terminal Induk Gadingrejo, Pringsewu. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar