Pages

Subscribe:

Rabu, 05 September 2012

Pringsewu Kirim 25 Transmigran Ke Katingan Kalteng

PRINGSEWU – Kabupaten Pringsewu siap mengirimkan 25 kepala keluarga mengikuti program transmigrasi ke Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Kaitan hal tersebut, sebanyak 47 KK calon transmigran mengikuti proses seleksi akhir bertempat di Balai Desa Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Rabu (5/9).

Mereka berasal dari 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu, yakni masing-masing dari Kecamatan Gadingrejo 10 KK, Pardasuka 10 KK, Ambarawa 5 KK, Sukoharjo 10 KK, Pringsewu 5 KK, Banyumas 3 KK, serta Kecamatan Pagelaran dan Pagelaran Utara sebanyak 4 KK. Ke 47 KK tersebut merupakan hasil seleksi sebelumnya dari 120 KK calon transmigran yang mendaftar di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pringsewu. Dari 47 KK ini, selanjutnya hanya akan diambil 25 KK untuk diberangkatkan menuju Katingan.
Bupati Pringsewu H.Sujadi saat menghadiri seleksi akhir tersebut, mengharapkan calon transmigran mempersiapkan diri untuk menjalani kehidupan di daerah permukiman baru nantinya. ”Dimanapun kita tinggal, baik di Pringsewu maupun di Katingan nanti, pada hakikatnya adalah sama-sama untuk membangun negara kesatuan Republik Indonesia,” katanya.  Bupati juga mengharapkan para transmigran nantinya dapat membawa diri, serta bekerja keras guna dapat meningkatkan kesejahteraan di tanah harapan yang baru.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Katingan Bambang Harianto didampingi Kabid Transmigrasi Dullah, SH dalam kesempatan tersebut menjelaskan, Kabupaten Katingan saat ini membutuhkan 300 KK dari target sebanyak 500 KK untuk ditempatkan di wilayah tersebut. Untuk tahun ini, akan ditempatkan sebanyak 150 KK transmigran yang berasal dari provinsi lain, yakni transmigran asal Jawa Barat sebanyak 50 KK, Jawa Tengah 50 KK, Bali 25 KK, serta Lampung yang kesemuanya berasal dari Pringsewu sebanyak 25 KK. Sementara sisanya berasal dari program transmigrasi lokal (translok).

Bambang Harianto juga menjelaskan, Kabupaten Katingan yang beribukota di kota Kasongan, merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kota Waringin Timur yang terbentuk melalui UU No.5 Tahun 2002, dengan luas wilayah mencapai 17.500 km2, berpenduduk 124.000 jiwa, terdiri dari 13 kecamatan, 161 desa dan 7 kelurahan.
Para transmigran ini, selama 18 bulan biaya hidupnya akan ditangung oleh pemerintah, dan selama mereka hidup di daerah transmigrasi, diharapkan dapat beradaptasi dengan masyarakat setempat, sekaligus saling bertukar skill, terutama di bidang pertanian, guna bersama-sama mengolah lahan yang sebagian besar merupakan lahan basah dan lahan gambut. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar