Pages

Subscribe:

Selasa, 04 September 2012

Koperasi Syariah Pilar Pelindung Umat

PRINGSEWU - Pengembangan koperasi berbasis syariah merupakan salah satu prioritas dalam upaya pencapaian visi-misi pembangunan di Kabupaten Pringsewu guna memperkuat solidaritas antar warga, meningkatkan kesejahteraan anggota dan keluarganya, serta sebagai alternatif penyedia barang, jasa dan dana dalam situasi mendesak. Selain itu, koperasi syariah bisa pula dijadikan sebagai pilar pelindung bagi masyarakat agar tidak terjebak dalam situasi yang dapat melunturkan aqidah akibat desakan ekonomi.

Demikian dikatakan Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan UMKM Kabupaten Pringsewu Dra. Hj.Nur Kuncaraningsih saat peresmian Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Pringsewu di Pringsewu, Selasa (4/9).

Agar dapat berkembang, kata dia, suatu usaha memerlukan kepedulian dan partisipasi aktif dari semua pihak yang terlibat. Oleh karena itu, sudah semestinya sebuah koperasi jasa keuangan syariah dapat memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan kebutuhan anggotanya, begitupun sebaliknya para anggota juga dapat memahami dengan baik hak dan kewajibannya. ”Hak anggota disini adalah hak untuk mendapatkan pelayanan yang baik sesuai dengan kemampuan koperasi, sedangkan kewajiban anggota terutama dalam menyimpan uangnya di koperasi serta melunasi pinjamannya tepat waktu jadwal yang telah disepakati, sehingga jangan sampai kegiatan simpan pinjam koperasi hanya didominasi kegiatan peminjaman disebabkan anggota koperasi lebih suka meminjam tapi enggan menyimpan,” katanya.

Terkait dipilihnya Pringsewu sebagai lokasi kantor pusat KJKS BMT UGT Sidogiri di Provinsi Lampung, lanjut dia, Pemkab Pringsewu memberikan apresiasi kepada KJKS BMT UGT Sidogiri, yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Pringsewu. ”Semoga dengan terpilihnya Pringsewu sebagai basis KJKS BMT UGT Sidogiri di Provinsi Lampung, gerakan koperasi berbasis syariah dapat berkembang dengan baik sehingga tujuan cita-cita yang terkandung dalam pengembangan koperasi syariah dapat tercapai,” tutupnya.

Acara peresmian KJKS BMT UGT Sidogiri ditandai dengan prosesi pemotongan pita oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Hj.Nurrohmah Sujadi didampingi wakilnya Hj Dea Ameira Narapati, serta tokoh masyarakat dan kalangan pondok pesantren di Pringsewu. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar