Pages

Subscribe:

Jumat, 14 September 2012

Pemkab Pringsewu Peringati Haornas 2012

PRINGSEWU - Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas)ke-29 tingkat Kabupaten Pringsewu diperingati dalam suatu upacara di lapangan komplek Gelanggang Olahraga (GOR) Kuncup, Pringsewu
Barat, Jumat (14/9). Bertindak sebagai pembina upacara Bupati Pringsewu H.Sujadi, serta dihadiri Wakil Bupati Pringsewu H.Handitya Narapati SZP, Sekretaris Daerah Drs.Idrus Effendi, para asisten dan staf ahli bupati serta kepala satuan kerja perangkat daerah beserta para pegawai pemda setempat, para pelajar, para pelatih, pengurus, dan pembina olahraga, serta para insan olahraga dari berbagai cabang olahraga yang ada di Bumi Jejama Secancanan.
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah dan penghargaan oleh Bupati Pringsewu kepada para pelatih maupun olahragawan berprestasi, serta diramaikan pula dengan berbagai atraksi mulai dari drumband, senam, hingga olahraga beladiri.
Bupati Pringsewu H.Sujadi membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dr.Andi Alfian Malarangeng mengatakan melalui peringatan Hari Olahraga Nasional, diharapkan dapat terwujud olahraga sebagai gaya hidup manusia Indonesia modern, sekaligus mengajak seluruh instansi pemerintah dan swasta, para orang tua, dan anak-anak untuk ikut berolahraga, karena dengan berolahraga, hidup menjadi lebih sehat, gembira, dan kerja lebih produktif. Selain itu, bila anak-anak sehat dan gembira akan didapatkan jutaan bibit-bibit unggul sumber daya manusia Indonesia, juga olahragawan yang nantinya menjadi tulang punggung Tim Nasional Indonesia untuk berbagai cabang olahraga, dimana bibit-bibit olahraga perlu proses pembinaan yang berjenjang melalui olahraga rekreasi, olahraga pendidikan di sekolah-sekolah, dan pembinaan yang intensif melalui klub-klub, serta pemusatan latihan pada tingkat regional dan nasional di setiap cabang olahraga.
"Dalam menyiapkan bibit olahragawan berprestasi, pemerintah telah berupaya merevitalisasi sentra-sentra keolahragaan seperti Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) serta Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM), meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana olahraga mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa, menyediakan tenaga keolahragaan yang memiliki kompetensi yang memadai, serta meningkatkan tata kelola sentra olahraga yang lebih modern dan profesional," katanya.
Dikatakannya, peringatan Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 September 2012 bertepatan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Provinsi Riau, sehingga PON ini bisa dijadikan sebagai ajang peningkatan prestasi olahraga nasional, dan kegiatan olahraga multievent ini diharapkan menjadi wahana lahirnya atlet-atlet berprestasi yang dapat bersaing dan mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional.
"Saya mengajak kepada kepala daerah di tingkatprovinsi dan kabupaten/kota untuk menggerakkan masyarakatnya berolahraga melalui penyediaan sarana dan prasarana yang layak dan baik serta dapat mendirikan sekolah olahraga di setiap provinsi. Diharapkan pula pemerintah daerah menganjurkan kegiatan-kegiatan olahraga di setiap hari Jum’at di instansi-instansi pemerintah, sekolah-sekolah, dan lainnya. Selain itu, diharapkan setiap daerah memiliki cabang-cabang olahraga tertentu untuk menjadi Olahraga Unggulan Daerah yang dibina secara serius, sistematis dan terukur sehingga mencapai prestasi nasional, bahkan dunia. Kepada segenap stakeholder olahraga; KONI, KOI, PB/PP, NPC, pelaku usaha, dan masyarakat di seluruh tanah air, mari kita pertahankan sekaligus tingkatkan pencapaian prestasi terbaik di SEA Games, Asian Games maupun Olimpiade, termasuk juga prestasi atlet difabel Indonesia. Melalui Haornas ke-29 tahun 2012 dengan tema 'Bersatu, Budayakan Olahraga, Raih Puncak Prestasi' kita kuatkan tekad untuk bersatu dan bekerjasama membangun budaya olahraga untuk mewujudkan kejayaan prestasi olahraga kita di tingkat internasional," pungkasnya. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, AMd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar