Pages

Subscribe:

Kamis, 22 November 2012

Pertumbuhan Ekonomi Pringsewu Meningkat Tajam

PRINGSEWU - Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pringsewu dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan yang cukup baik. Tahun 2009 Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas harga konstan adalah sebesar 5,80% dan pada tahun 2010 meningkat menjadi 6,95%, serta pada tahun 2011 kembali mengalami peningkatan menjadi 7,10%. Sementara di akhir 2012 ini, pertumbuhan ekonomi diprediksi akan kembali meningkat, mengingat struktur perekonomian Kabupaten Pringsewu yang didominasi oleh sektor pertanian, kehutanan dan perikanan memberikan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan PDRB Pringsewu.
Hal tersebut  diungkapkan Bupati Pringsewu H.Sujadi saat acara Coffee Morning di kampus STKIPM Pringsewu, Kamis (22/11).
Untuk jumlah penduduk miskin di Kabupaten Pringsewu pada tahun 2010 sebanyak 45.417 jiwa atau sebesar 12,45% dari total penduduk Pringsewu. Dengan jumlah tersebut, Pringsewu menduduki posisi ke-4 terendah dari 14 kabupaten/kota se Provinsi Lampung. Jumlah penduduk miskin tersebut diperkirakan akan menurun pada tahun 2012. Ini dilihat dari inflasi Kabupaten Pringsewu yang mengalami penurunan cukup signifikan, yakni pada tahun 2010 sebesar 8,97% dan pada tahun 2011 menurun menjadi 3,60%. Berdasarkan laporan terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat inflasi Kabupaten Pringsewu pada tahun kalender 2012 dari Januari – September sebesar 3,65% atau rata-rata sebesar 0,48% setiap bulannya.  "Sementara itu di bidang pendidikan, Pemkab Pringsewu telah merehabilitasi sebanyak 129 Sekolah Dasar, membangun satu Unit Sekolah Baru yakni SMA Negeri Pardasuka, memberi bantuan insentif kepada 700 guru honorer dan tenaga kependidikan, serta 132 pengawas sekolah. Selain itu, Pemkab Pringsewu juga memberi bantuan kepada 207 orang siswa yang diterima di perguruan tinggi. Prestasi yang berhasil ditorehkan oleh para pelajar Pringsewu juga tidak sedikit, diantaranya oleh Farkhan Raflesia pelajar SMA Neegri Gadingrejo yang telah mengharumkan nama Pringsewu dengan menjadi juara pada Olimpiade Sains Nasional bidang astronomi dan mendapat medali emas. Kemudian Adisetiawan pelajar SMA Negeri Sukoharjo yang menjadi juara 1 Olimpiade Kimia tingkat regional, Dian Windri pelajar SMA Negeri 1 Pringsewu yang berhasil mejadi juara 2 Tingkat Provinsi Pelajar Lalu Lintas, serta Gilang Ramadhan juga dari SMA Negeri 1 Pringsewu yang meraih Juara 1 Olimpiade Pasar Modal Tingkat Provinsi Lampung. Oleh karena itu, Pemkab Pringsewu menetapkan fokus di bidang pendidikan dengan melaksanakan peningkatan akses dan pemerataan kualitas serta kuantitas pendidikan, seperti program wajib belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun, sekaligus menjajaki kemungkinan pendirian Akademi Komunitas yang ditujukan bagi lulusan Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan atau sederajat tanpa batas usia untuk melanjutkan pendidikan yang berbasis keterampilan dan berorientasi pada kebutuhan pasar kerja dalam upaya mewujudkan tenaga terampil siap pakai, sekaligus menciptakan peluang lapangan kerja baru yang diharapkan dapat menurunkan angka pengangguran," ungkap bupati.

Sementara itu, berdasarkan hasil evaluasi dan catatan tahun 2012, maka untuk tahun 2013 telah direncanakan berbagai program prioritas yang meliputi percepatan pembangunan infrastuktur perkotaan, perdesaan dan prasarana, antara lain pembangunan bertahap jalan dua jalur-empat lajur pada jalan negara sepanjang 8,6 km yang bersifat mendesak untuk mengantisipasi kemacetan yang lebih parah pada jalan protokol di pusat Kota Pringsewu maupun jalan alternatif di lingkungan permukiman padat penduduk. Sementara untuk menghindari kerusakan jalan dan mengurangi kemacetan akibat kendaraan bertonase berat selama ini, serta mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas terkait semakin terbukanya Jalan Lintas Barat (Jalinbar), akan dilaksanakan pembangunan Jalan Lingkar Utara dan Selatan secara komprehensif.
"Tentu untuk mewujudkan itu semua, Pemkab Pringsewu tidak akan sanggup bila hanya mengandalkan kemampuan sendiri. Untuk itu Pemkab Pringsewu mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung dan membantu jalannya pembangunan, demi terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Bumi Jejama Secancanan menuju Kabupaten Pringsewu yang Bersenyum Manis, yakni Bersih, Sehat, Ekonomis, Nyaman, Unggul, Maju dan Mandiri, serta Aman dan Agamis," pungkas bupati. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar