Pages

Subscribe:

Rabu, 21 November 2012

Belajar KEK, Pemkab Pringsewu Ke Pandeglang, Banten

PANDEGLANG - Jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu dipimpin Sekretaris Kabupaten Pringsewu Drs.H.Idrus Effendi melakukan kunjungan kerja kerja ke Pemerintah Kabupaten Pandeglang,
Provinsi Banten. Kunjungan kerja sekaligus study banding ke Pemkab Pandeglang tersebut terkait rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Pringsewu.

Sekkab Pringsewu Drs.H.Idrus Efendi bersama jajaran Pemkab Pringsewu diterima Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi di Pendopo Kabupaten Pandeglang, Rabu (14/11), didampingi Sekretaris Kabupaten Pandeglang Dodo Djuanda, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Pandeglang Utuy Setiadi, Asisten Bidang Administrasi Umum Ida Novaida, Kepala Bappeda Pandeglang, serta pejabat Pemkab Pandeglang lainnya.

Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi saat menerima kunjungan kerja Pemkab Pringsewu menjelaskan Pemkab Pandeglang dalam upayanya mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus , yang paling utama adalah denganmelakukan pembenahan masalah infrastruktur dan pembebasan lahan. Menurut Kartubi, meskipun belum berjalan sesuai dengan rencana, namun pihaknya terus berupaya mengoptimalkan upaya tersebut, dengan melibatkan pihak ke tiga.
“Pada tahun 2014 mendatang diharapkan progresnya sudah terlaksana,” harap Kurtubi.

Selain itu, lanjut Bupati Pandeglang, pihaknya juga mengusulkan pembangunan SMK Pariwisata guna menunjang SDM yang nantinya akan terlibat dalam usaha pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus.

Sementara itu, Sekkab Pringsewu Drs. H.Idrus Efendi dalam kesempatan tersebut menjelaskan kondisi Kabupaten Pringsewu sebagai salah satu DOB di Provinsi Lampung dalam upayanya mensejajarkan diri dengan kabupaten/kota lainnya, diantaranya dengan rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus tersebut. “Kami akan belajar dari Kabupaten Pandeglang bagaimana dan apa upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus. Karena itu, kami berharap dukungan dan bantuan dari semua pihak,” ujarnya. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)


Wujudkan Keluarga Sejahtera Melalui KB
PRINGSEWU - Fungsi keluarga akan dapat berjalan dengan baik dalam keluarga sejahtera, dan keluarga sejahtera ini dapat diwujudkan melalui program Keluarga Berencana (KB). Fungsi keluarga terse
but adalah Fungsi Agama, Fungsi Sosial Budaya, Fungsi Cinta dan Kasih Sayang, Fungsi Perlindungan, Fungsi Reproduksi, Fungsi Penddikan dan Sosialisasi, Fungsi Ekonomi, serta Fungsi Pelestarian Lingkungan.
"Kita tidak boleh memandang sebelah mata program KB, karena memiliki peran besar dalam suatu pemerintahan, dengan menekan angka pertumbuhan penduduk, dimana program KB berperan untuk mengurangi kemiskinan, pengangguran, kenakalan remaja, kebodohan dan sebagainya," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.H.Idrus Effendi saat bertindak sebagai pembina upacara mingguan di pendopo pemkab setempat, Senin (19/11).

Dalam rangka mendukung hal tersebut, kata dia, pemerintah telah mengarahkan masyarakat Indonesia dalam menciptakan keluarga sejahtera, antara lain dengan mengeluarkan berbagai regulasi terkait hal tersebut, seperti Undang-Undang No. 10 Tahun 1990 tentang Pembangunan Keluarga Sejahtera dan Undang-Undang No. 53 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera, serta dengan membentuk BKKBN di pusat serta instansi-instansi sejenis di daerah.
"Dalam rangka perwujudan keluarga sejahtera pemerintah juga tengah menggalakkan program lintas sektor, yakni melalui Kesrak PKK-KB-Kesehatan. Untuk Kabupaten Pringsewu sendiri, akan diwakili Pekon Gemahripah Kecamatan Pagelaran, pada bulan Oktober hingga Deseber 2012 mendatang, dengan tujuan meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat, khususnya dalam peningkatan jumlah dan kualitas posyandu serta melaksanakan revitalisasi posyandu, mendorong tumbuh kembangnya partisipasi dalam program KB dan kesehatan, memilih pelaksana terbaik Kesrak PKK-KB-Kesehatan, menjadi pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat, memilih pelaksana terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga, serta memilih pelaksana terbaik posyandu mulai dari tingkat pekon, kecamatan, kabupaten dan provinsi," paparnya.

Sementara itu, dalam upacara rutin mingguan yang diikuti seluruh jajaran Pemkab Pringsewu, Sekdakab Pringsewu Drs.H.Idrus Effendi juga menyerahkan bantuan dari pemkab melalui Dissosnakertrans setempat, yakni berupa 20 unit mesin jahit kepada kelompok pengrajin kain perca Pekon Banyuurip Kecamatan Banyumas, serta bantuan peralatan komunikasi bagi anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) setempat. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar