Pages

Subscribe:

Kamis, 15 November 2012

Tradisi Sema'an Sambut Tahun Baru Islam di Pringsewu

PRINGSEWU - Menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharam 1434 H, Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Lampung menggelar tradisi 'sema'an'. Kegiatan pengajian dalam bentuk pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an secara bergantian disertai dengan kegiatan menyimak ayat yang dibaca (sema'an) tersebut, dipimpin oleh Bupati Kabupaten Pringsewu KH.Sujadi, dihadiri sejumlah anggota DPRD dan kepala satker Pemkab Pringsewu, berlangsung di Pendopo Kabupaten Pringsewu, Rabu (14/11) sore hingga tengah malam, diikuti masyarakat khususnya umat Islam setempat.
Kegiatan tersebut terbilang yang pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu, terlebih setelah daerah otonom berjuluk Bumi Jejama Secancanan  tersebut dibawah kepemimpinan Bupati KH.Sujadi yang juga merupakan tokoh ulama di daerah tersebut.
Bahkan, boleh dikatakan Pringsewu merupakan satu-satunya kabupaten dan kota di Provinsi Lampung yang menggelar  kegiatan tersebut  sebagai sebuah tradisi dalam menyambut datangnya tahun baru Islam.

Menurut Bupati Pringsewu KH.Sujadi, kegiatan sema'an   yang diselenggarakan Pemkab Pringsewu, selain dalam rangka  menyambut datangnya tahun baru bagi umat muslim, adalah guna lebih mensyiarkan  Islam di wilayah berpenduduk hampir mendekati angka 400 ribu jiwa ini.
"Kegiatan sema'an Al-Qur'an  diupayakan akan menjadi  agenda rutin di Kabupaten Pringsewu untuk menyongsong datangnya tahun baru Islam, maupun perayaan lslam lainnya, termasuk nantinya tidak tertutup kemungkinan dalam menyambut datangnya tahun baru masehi, sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan," katanya.


Bahkan, lanjut KH.Sujadi, direncanakan nanti saat memperingati satu tahun kepemimpinannya bersama wakil bupati H.Handitya Narapati SZP,  sema'an Al-Qur'an ini juga akan menjadi salah satu rangkaian kegiatan. Hal tersebut menurutnya sebagai upaya  untuk menjadikan kegiatan yang bernilai Islami sebagai bagian dari tradisi di Kabupaten Pringsewu, guna menjadikan Pringsewu sebagai daerah yang  'agamis'. "Hal ini tentunya sejalan dengan slogan Kabupaten Pringsewu  Bersenyum Manis, yakni Kabupaten Pringsewu yang Bersih, Ekonomis, Sehat, Nyaman, Unggul, Maju dan Mandiri, serta Aman dan Agamis,"  ujarnya. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar