Pages

Subscribe:

Kamis, 30 Agustus 2012

Kecamatan Pagelaran Utara Diresmikan

PAGELARAN UTARA - Jumlah kecamatan di Kabupaten Pringsewu sejak Kamis (30/8) kemarin resmi bertambah satu kecamatan menjadi sembilan kecamatan. Menyusul diresmikannya satu kecamatan baru yakni Kecamatan Pagelaran Utara (Pagut) oleh Bupati Kabupaten Pringsewu Sujadi. Upacara peresmian Kecamatan Pagelaran Utara yang dipusatkan di ibukota kecamatan tersebut yakni Pekon (desa) Fajarmulia, juga dihadiri Ketua DPRD Pringsewu Ilyasa beserta anggota legislatif lainnya, jajaran muspida, para asisten dan staf ahli bupati beserta para kepala SKPD Kabupaten Pringsewu, Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Hj.Nurrohmah Sujadi dan wakilnya Hj.Dea Ameira Narapati, para camat, para kepala pekon se Kecamatan Pagelaran Utara, serta para tokoh masyarakat, pemuda, agama berikut warga kecamatan setempat.

Seusai meresmikan Kecamatan Pagelaran Utara, Bupati Kabupaten Pringsewu Sujadi juga melantik Junaidi MS, SE sebagai Camat Pagelaran Utara, dan diikuti Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu yang juga melantik Ny Ermina Junaidi sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Pagelaran Utara.

Kecamatan Pagelaran Utara (Pagut) yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pringsewu No.12 tahun 2012, merupakan kecamatan hasil pemekaran dari Kecamatan Pagelaran, yang membawahi 10 pekon (desa) yang berada di seberang utara sungai Way Sekampung, yakni masing-masing Pekon Fajarmulia, Fajarbaru, Margosari, Neglasari, Giritunggal, Sumber Bandung, Kemilin, Mada Raya, Gunung Raya, dan Way Kunyir.
Bupati Kabupaten Pringsewu Sujadi dalam sambutannya berharap dengan dimekarkannya Kecamatan Pagelaran Utara dapat mempercepat pembangunan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama masyarakat di 10 pekon yang masuk wilayah kecamatan baru tersebut dapat tercapai.
Bupati Pringsewu juga meminta Camat Pagelaran Utara yang baru dilantik, untuk dapat mengemban tugas yang telah diamanahkan, dimana sebagai kecamatan baru, Pagelaran Utara menanti gebrakan camat dan para pimpinan kecamatan dalam membawa kecamatan ini agar sejajar, bahkan mungkin bisa lebih maju dari kecamatan-kecamatan yang telah terlebih dahulu ada. "Perlu dipahami dan disadari bahwa jabatan camat berbeda dari jabatan SKPD lainnya, karena camat merupakan pimpinan teritorial administrasi di wilayah yang dipimpinnya. Selain itu, seorang camat juga dituntut mampu mengoptimalkan dan mendayagunakan aparat yang ada dibawahnya guna membantu dan mendukung kelancaran tugas, serta harus mampu bersikap sebagai pemimpin langsung yang melakukan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat yang dinaunginya," kata bupati.
Untuk itu, lanjut bupati, sikap kritis, demokratis, cerdas, beretika serta mampu mengorganisir dan menciptakan situasi yang nyaman dan kondusif adalah kemampuan yang mutlak diperlukan bagi seorang camat dalam memimpin masyarakat."Kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Utara, saya berpesan agar senantiasa mendukung kiprah suami dalam menunaikan tugas sebagai seorang camat, serta menjalankan tugas sebagai ketua tim penggerak PKK kecamatan dalam meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan di Kecamatan Pagelaran Utara ini," imbuhnya. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

semoga lekas dapat sejajar dengan kecamatan lainnya.

Posting Komentar