Pages

Subscribe:

Jumat, 24 Agustus 2012

Pasar Syariah Diharapkan Berdiri Tahun Ini

PRINGSEWU - Bupati Pringsewu berharap Pasar Syariah dapat segera berdiri di daerah tersebut pada tahun ini. Dengan berdirinya Pasar Syariah, diharapkan perekonomian masyarakat Pringsewu dapat meningkat, sekaligus tingkat kesejahteraan masyarakat secara bertahap dapat dapat terangkat.
Harapan tersebut disampaikan Bupati Pringsewu KH.Sujadi saat bersilaturahmi dengan jajaran Dinas Pasar, Kebersihan, dan Pertamanan Kabupaten Pringsewu, Jumat (24/8).
Menurutnya, dengan keberadaan Pasar Syariah ini, nantinya akan menerapkan pola yang betul-betul sesuai dengan syariat Islam, termasuk sistem perekonomian syariah.
Akan tetapi, pasar syariah maupun pola ekonomi syariah ini nantinya tidak saja berlaku bagi warga muslim, namun juga bagi warga di luar Islam. Hal tersebut mengingat pola perekonomian model syariah ini mempunyai tujuan untuk memberikan keselarasan bagi kehidupan di dunia, dimana nilai Islam bukan semata-semata hanya untuk kehidupan muslim saja, tetapi juga berlaku bagi seluruh mahluk di muka bumi.

Lebih lanjut dikatakan bupati, pasar syariah adalah pasar yang bersandarkan pada nilai ekonomi Islam, dimana semua barang yang dijual di pasar tersebut adalah halal, dan transaksi yang dilakukan juga halal dan berdasarkan syariat Islam, dimana antara pembeli dan pedagang mengetahui kelebihan dan kekurangan barang yang dijual, bahkan termasuk pula keuntungan yang diambil. Esensi proses ekonomi syariah pada hakikatnya adalah pemenuhan kebutuhan manusia yang berlandaskan nilai-nilai Islami guna mencapai tujuan agama, dimana sesuai dengan visi Kabupaten Pringsewu yang ingin membangun masyarakat yang modern dan religius, sehingga pasar syariah dinilai sesuai bila diterapkan di Kabupaten Pringsewu.


Ia pula berharap kepada Dinas Pasar setempat untuk juga turut mendukung sekaligus memfasilitasi pendirian Pasar Sayariah di Pringsewu ini, sekaligus antara Pasar Konvensional dan Pasar Syariah dapat berjalan selaras serta saling mendukung satu sama lain. (*/HUMAS PEMKAB PRINGSEWU/ISNANTO HAPSARA, A.Md)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar