Pages

Subscribe:

Senin, 29 Oktober 2012

Pemkab Pringsewu Peringati Sumpah Pemuda

PRINGSEWU - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-84 tahun tingkat Kabupaten Pringsewu diperingati dalam suatu upacara di halaman Pendopo Kabupaten Pringsewu, Senin (29/10). Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Pringsewu H.Sujadi, dihadiri jajaran Pemkab Pringsewu, serta diikuti sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) di Bumi Jejama Secancanan.

Dalam kesempatan tersebut, turut pula diserahkan medali dan piagam penghargaan  oleh Bupati Pringsewu kepada pelajar berprestasi, diantaranya Akbar Wendi Sulistyo, pelajar SD Negeri 1 Pringsewu Selatan, yang berhasil menyabet 5 medali sekaligus dalam kejuaraan renang antar perkumpula se Sumatera ke-VI di Medan, yakni masing-masing juara III gaya bebas 100 meter,  juara III gaya kupu-kupu 50 meter, juara III gaya punggung 50 meter, juara III gaya bebas 50 meter, dan juara III gaya dada 50 meter. Kemudian juara LCT MIPA tingkat Provinsi Lampung, atas nama Shafira Fauziah, Bina Riska Maulida, serta Ahmad Hidayat, dari SMA Negeri 1 Pringsewu.

Bupati Pringsewu H.Sujadi membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr.H.Andi Alfian Malarangeng   menghimbau agar berbagai elemen dan unsur kepemudaan (bebagai OKP) mempersiapkan  diri terhadap pelaksanaan UU Kepemudaan yang akan mulai diberlakukan   secara penuh pada tahun 2013, sebagai pedoman bersama dalam peri kehidupan berpolitik, bersosial, berekonomi, dan berbudaya, dan sebagai bagian dari satu landasan hukum dan etik dalam kehidupan kepemudaan di Indonesia. "Selain itu telah dicanangkan pula, bahwa pada tahun 2015 nanti, kita akan memasuki era Komunitas ASEAN 2015, yang meliputi komunitas keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Era Komunitas ASEAN 2015 tersebut mau tidak mau  mengharuskan  kita untuk mampu bekerjasama secara terbuka dalam mengelola arus barang, jasa maupun orang,  dan menuntut kesiapan kita untuk  dapat berkerja sama dengan berbagai komunitas dari berbagai negara ASEAN," katanya.
Dalam hal tersebut, lanjut dia,  perlunya mengantisipasi tantangan kerja sama komunitas tersebut secara lebih kreatif dan bertanggungjawab. Di sinilah letak peran pemuda dalam mengembangkan kreativitas tersebut agar kreativitas, sejalan dengan tuntutan nilai-nilai baru komunitas internasional yang meliputi sekitar 600 juta orang se ASEAN, dimana nilai-nilai baru yang perlu diantisipasi tersebut antara lain berkaitan dengan sistem komunikasi, pengelolaan struktur kerja sama, pengakuan terhadap perbedaan budaya dan gaya hidup, dan tentu saja berdasarkan etik emansipatif dan kesederajatan.  "Kita terbuka terhadap globalisasi, tetapi prinsip kita adalah, identitas kebangsaan Indonesia harus tetap berkembang dalam pergaulan antar bangsa. Hal yang pasti adalah bahwa semangat dan jiwa Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global. Pemuda dalam kehidupan global akan tetap menjadi eksis apabila menunjukkan sebuah kapasitas kemandirian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dan kreatif dalam berbagai kegiatannya," tandasnya.



Seusai upacara, Bupati Pringsewu H.Sujadi didampingi Sekda Pringsewu Drs.H.Idrus Effendi dan jajaran pemda setempat mengumpulkan para camat dan pimpinan organisasi kepemudaan (OKP) di ruang kerja bupati Kantor Pemkab Pringsewu. Dalam kesempatan tersebut Bupati Pringsewu meminta seluruh elemen masyarakat Bumi Jejama Secancanan untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan guna mencegah terjadinya gesekan-gesekan diantara pemuda dan masyarakat yang dapat menimbulkan kerawanan sosial seperti yang terjadi di daerah lain. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar