Pages

Subscribe:

Kamis, 07 Februari 2013

Bupati Pringsewu Blusukan ke Pekon



Banyak Kantor Desa Kosong dan Kotor, Hingga Disambut Hangat Warga
PAGELARAN - Guna memantau aktivitas jajaran aparatur pemerintahan di bawahnya, Bupati Pringsewu H.Sujadi melakukan 'blusukan' ke sejumlah pekon. Meskipun hobby 'blusukan' keluar masuk kampung ini sebenarnya sudah sejak dahulu dilakukan H.Sujadi jauh sebelum istilah ini dipopulerkan oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi, dan saat sebelum menjadi orang nomor satu di Kabupaten Pringsewu atau Wakil Bupati di Kabupaten Tanggamus dahulu, serta menjadi anggota DPD RI. Dan, kali ini, Rabu (6/2), giliran sejumlah pekon di wilayah Kecamatan Pagelaran mendapat kunjungan mendadak dari Bupati Pringsewu tersebut.
Diawali dengan mendatangi Kantor dan Balai Pekon Sukawangi, yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Tanggamus (Pekon Rantautijang Kecamatan Pugung), Bupati Pringsewu H.Sujadi tanpa pengawalan ketat, karena hanya didampingi ajudan dan Kabag Humas dan Protokol beserta 2 kasubbag dan 4 staf Humas dan Protokol, Bupati H.Sujadi mendapati kantor pekon yang sepi dari aktivitas, dan hanya ditunggu oleh sekretaris pekon dan satu kaur. Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyempatkan diri mengunjungi Poskesdes setempat yang ditemui seorang bidan desa yang bertugas. Di Pekon Sukawangi, Bupati Pringsewu juga meninjau calon lokasi yang akan dibangun gapura 'Selamat Datang di Kabupaten Pringsewu'.
Seusai sidak di Pekon Sukawangi, perjalanan berikutnya dilanjutkan dengan meninjau Pekon Sukaratu, kemudian Pekon Pagelaran, serta Pekon Pujiharjo. Dari pekon ini, Bupati Pringsewu H.Sujadi selanjutnya mendatangi Pekon Lugusari, Pasirukir, dan Pekon Pamenang. Acara 'blusukan' kemudian diakhiri dengan mendatangi Kantor Pekon Bumirejo, yang merupakan pekon pemekaran dari Pekon Bumiratu.
Dari setiap inspeksi yang dilakukan secara mendadak tersebut, aktivitas pemerintahan di setiap pekon yang didatangi bupati nampaknya kurang maksimal, dimana sejumlah kepala pekon tidak berada di kantor. Bahkan, ada kepala pekon yang justru berkantor dan melayani masyarakat dilakukan di kediaman pribadi kepala pekon. Sementara sejumlah kantor dan balai pekon, ironisnya malah kosong tidak terawat dan kotor serta banyak ditumbuhi rumput. Selain itu, sejumlah kantor pekon tidak dilengkapi dengan peralatan dan kelengkapan administrasi yang layak, seperti papan nama aparatur dan meja kerja yang memadai, ataupun tanpa papan data kondisi desa.
Dalam setiap kesempatan tersebut, Bupati Pringsewu H.Sujadi meminta kepala pekon dan jajaran aparatur pekon untuk mematuhi aturan jam kerja, disamping tidak membiarkan kantor maupun balai pekon kosong, sehingga mengganggu jalannya aktivitas maupun pelayanan kepada masyarakat. Bupati Pringsewu H.Sujadi meminta jajaran pemerintahan pekon untuk lebih memperhatikan kebersihan kantor, serta banyaknya plang papan nama kantor kepala pekon yang masih bertuliskan dan berlambang kabupaten induk, untuk dapat segera diganti dengan lambang dan tulisan Kabupaten Pringsewu. (*/Humas dan Protokol Setkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)


             Bupati Pringsewu Kembali Sidak    
                   Kantor Pekon & Sekolah

PRINGSEWU
- Bupati Pringsewu H.Sujadi kembali melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pekon dan sekolah, Senin (11/2). Diawali dengan mengunjungi SMA Negeri Pagelaran, orang nomor satu di Pringsewu ini juga sempat memantau jalannya upacara bendera sekaligus menyampaikan arahan kepada kepala sekolah dan dewan guru hingga para siswa sekolah tersebut. Kepada jajaran SMA Negeri Pringsewu, bupati meminta sejumlah ruang kelas agar dapat dibenahi sehingga KBM dapat berjalan nyaman dan lancar, termasuk pembenahan intern dan kualitas guru perlu ditingkatkan, sehingga ditargetkan paling lambat 2015 mutu SMA Negeri Pagelaran dapat lebih unggul dari sekolah lainnya di Pringsewu. Selain itu, Bupati Pringsewu juga mengharapkan SMA Negeri Pagelaran dapat mempelopori diadakannya MTQ sekolah sebagai bagian dari upaya menciptakan dan mewujudkan visi Kabupaten Pringsewu, yang salah satunya sebagai wilayah agamis. Terkait harapan warga SMAN Pagelaran agar jalan menuju kampus segera diperbaiki, bupati memastikan pada tahun 2013 ini dapat segera direalisasikan.
Pada kesempatan tersebut, bupati juga berkesempatan menyerahkan sejumlah piala yang diperoleh sekolah tersebut pada sejumlah event.

Seusai meninjau SMAN Pagelaran, Bupati Pringsewu H.Sujadi didampingi Kabag Humas dan Protokol H.Yanuar Haryanto, S.Sos, MM menuju Kantor Camat Pagelaran yang berada tepat di depan SMAN Pagelaran, dan diterima oleh camat setempat Drs.Masykur Hasan dan jajaran. Dari Kantor Camat Pagelaran, sidak dilanjutkan dengan meninjau sejumlah kantor kepala pekon di kecamatan setempat, diantaranya kantor kepala pekon Gumukrejo,Gumukmas, Patoman, Panutan, Padangrejo, Karangsari, dan Gemahripah.
Pada setiap kunjungan ke sejumlah kantor kepala pekon, Bupati Pringsewu H.Sujadi meminta aparatur dan pamong desa untuk mematuhi aturan jam kerja, dan tidak membiarkan kantor dalam kondisi kosong. Selain itu, kelengkapan adminsitrasi dan atribut juga dapat diperhatikan, dimana pada saat sidak, bupati mendapati masih banyaknya kantor maupun aparatur desa yang memakai atribut lama berlambang Kabupaten Tanggamus.
Secara khusus, Bupati Pringsewu H.Sujadi juga meminta kepala pekon dan jajaran pekon dapat menyampaikan database kependudukan pekon kepada kecamatan setempat , serta penagihan PBB agar dapat lebih diintensifkan. (*/Humas Pemkab Pringsewu/Isnanto Hapsara, A.Md)

5 komentar:

Anonim mengatakan...

nah lho tu kan pak.baru tau aparat pekon nya kayak gtu......hrus nya ada punishment untuk pgwai2 yg tidak mau bekerja...sy hrp pak bupati..sidak nya gk cuma sekali2.tapi tiap minggu...terus di evaluasi kinerja aparat nya...sdh benar atau blm...sy hrp blusukan pak bupati bkn ajang pencitraan ...apa bila blusukan pk bupati tdk menemukan kakon...panggil dong??? kades nya..untuk dikantor aja gak mau ..apalagi ngurusin masyrakatnya pak

Anonim mengatakan...

klo mau blusukan jangan bawa rombongan pak..langsung aja dari rumah berangkat ke TKP...
APBD pringsewu sebagian besar habis buat bayar PNS... coba dicek kedisiplinan pns2 pringsewu, masih banyak yg suka datang terlambat..orang pringsewu ini orang sibuk jadi jangan diisi dengan orang2 yang pemalas apalagi dari luar pringsewu...



Anonim mengatakan...

sidak aja tingkat bawahannya dulu, misalkan kantor dinas - dinas itu. Banyak PNS yang bolos, terlambat, dll.

Anonim mengatakan...

banyak PNS waktu upacara di pendopo kab yang bolos, datang terlambat. Juga waktu kegiatan jum'at sehat ( senam pagi ) di pendopo juga banyak yang ga ikut, malah duduk-duduk ngobrol, merokok, dll,

Unknown mengatakan...

Pak mohon di ratakan pembangunan jalan di kecamatan ambarawa tepatnya jalan sumberagung-losari. Losari dari jaman dulu gx pernah ada Perbaiki jalan... jalan arah babakan sudah di aspal kenapa Losari tidak di Perbaiki.
Mohon pengurus website ini sampai kan,, komentar ini ke Bupati Pringsewu H.Sujadi supaya tau Lemah nya fasilitas jalan di kecamatan ambarawa,Kabupaten pringsewu.

Posting Komentar